“Bumi itu datar bro”, aduuuhhh…

“Bumi itu datar bro !!!, itu hanya penipuan dari mamarika dan wahyudi”

Aduuuhhh…. gimana ya, mohon maaf, memang ada ulama yang berpendapat demikian dan itu tak mengapa karena mereka punya dalil, toh mengingkari hal ini ngak akan buat kita keluar dari Islam. Ulama yang berpendapat bumi itu bulat ada ? Ada lah, Syaikhul Islam Ibn Taimiyah rahimahullah berkata,

“Telah berkata Imam Abul Husain Ibnul Munadi rahimahullah termasuk ulama terkenal dalam pengetahuannya terhadap atsar-atsar dan kitab-kitab besar pada cabang-cabang ilmu agama, yang termasuk dalam thabaqah/tingkatan kedua ulama dari pengikut imam Ahmad : Tidak ada perselisihan di antara para ulama bahwa langit itu seperti bola

Beliau juga berkata : Demikian pula mereka telah bersepakat bahwa bumi ini dengan seluruh pergerakannya baik itu di daratan maupun lautan, seperti bola

Beliau berkata lagi : Dalilnya adalah matahari , bulan dan bintang-bintang tidak terbit dan tenggelam pada semua penjuru bumi dalam satu waktu, akan tetapi terbit di timur dahulu sebelum terbit di barat” [Majmu’ Fatawa: 25/ 195]

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang ini silahkan baca sampai habis artikel ini. Kesimpulannya, kaidah terbaik mengenai hal ini adalah menanyakan ilmu tersebut ke ahlinya (ilmuwan) karena ini perkara dunia.

JIka kita menganggap bumi itu datar, matahari, bulan, planet-planet dan bintang-bintang itu kecil dan menganggap kita adalah pusat dari itu semua, kita meremehkan penciptaan dan keagungan Allah, terlebih lagi itu membuat manusia menjadi sombong dengan eksistensinya sebagai pusat alam semesta.

Sungguh ciptaan Allah lebih besar dan lebih menakjubkan daripada itu. Bumi hanyalah salah-satu dari banyak planet yang diciptakan Allah, bumi mengelilingi matahari (sebenarnya bumi dan matahari mengelilingi pusat massa sistem tata surya) dan matahari adalah salah-satu dari bintang-bintang yang diciptakan Allah yang hanya Dia yang mengetahui jumlah pastinya, matahari pun mengelilingi pusat galaksi. Galaksi kita adalah salah-satu dari galaksi yang sangat banyak, dan ia berkelompok menjadi cluster, lalu cluster tersebut berkelompok lagi menjadi supercluster, lalu supercluster tersebut berkelompok lagi dengan yang supercluster lain sehingga membentuk jaringan di alam semesta.

Alam semesta yang kita kenal disebut observable universe (alam semesta yang bisa diamati). Kenapa demikian ? Semua hal yang kita ketahui tentang alam semesta didapat melalu informasi yang dibawa oleh cahaya, cahaya tersebut dipancarkan oleh suatu benda tertentu di alam semesta. Sebelum itu, definisi cahaya disini bukan hanya yang kita lihat sehari-hari, maksudnya semua spektrum cahaya termasuk sinar X dan radio. Cahaya butuh waktu untuk sampai ke pengamatan kita, oleh karena itu ada cahaya yang belum bisa diamati disebabkan jauhnya asal cahaya tersebut, sehingga ada batasan bagi manusia dalam mengamati alam semesta. Kita tidak tahu berapa luasnya alam semesta, yang bisa diamati hanyalah secuil dari alam semesta. Ini semua menunjukkan betapa kecilnya manusia, terombang-ambing di atas secuil debu yang kita sebut ‘Bumi’, bahkan ‘Bumi’ yang kita kenal hanyalah seumpama kulit dari jeruk. Debu ini berada di tengah samudra luas angkasa yang sangat besar dan menakjubkan.

Pesan saya, pelajarilah astronomi atau minimal mengetahui saja, jika punya hati yang sehat maka engkau akan merasakan betapa kecilnya kita di alam semesta ini dan betapa agungnya ciptaan Allah.

 

Catatan : Dalam konteks ini, alam semesta yang dimaksud hanya yang bersifat dapat diamati dan dirasakan keberadaannya secara zhahir oleh manusia. Bukan alam semesta yang meliputi hal ghaib seperti langit kedua sampai ketujuh. Hal ghaib hanya diketahui oleh Allah. Kita mengetahui hal ghaib hanya melalui perkataan dari-Nya (Al Quran) dan utusan-Nya (Rasulullah -shallallahu ‘alaihi was sallam-)

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s